FENOMENA BEAUTY VLOGGER DI SOSIAL MEDIA YOUTUBE PADA MAHASISWI Studi Fenomenologi Mahasiswi Ilmu Komunikasi UNPAD
Main Author: | Nadia Harentina, 152050049 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Image |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/46404/1/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/46404/2/FENOMENA%20BEAUTY%20VLOGGER%20DI%20SOSIAL%20MEDIA%20YOUTUBE%20PADA%20MAHASISWI.pdf http://repository.unpas.ac.id/46404/3/ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/46404/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/46404/3/BAB%20II.docx.pdf http://repository.unpas.ac.id/46404/3/1571960712644blob.jpg http://repository.unpas.ac.id/46404/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “FENOMENA BEAUTY VLOGGER DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE PADA MAHASISWI (Studi Fenomenologi Mahasiswi Ilmu Komunikasi UNPAD)”. Tujuan dan kegunaan penelitian ini adalah untuk mengetahui fenomena beauty vlogger di kalangan mahasiswi ilmu komunikasi UNPAD, bagaimana motif informan menonton konten beauty vlogger, tindakan informan setelah menonton konten beauty vlogger, bagaimana memaknai keberadaan beauty vlogger di kehidupan mereka. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah fenomenologi, dengan tipe penelitian yang bersifat kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan dan studi lapangan yaitu observasi lapangan dan wawancara mendalam. Pemilihan informan dilakukan melalui proses pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran bahwa motif informan menonton konten beauty vlogger ini bermacam-macam, diantaranya adalah karna adanya faktor dorongan dalam diri informan untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang kecantikan. Tindakan yang dilakukan informan setelah menonton tayangan beauty vlogger yaitu dengan meniru tutorial make-up yang disajikan dalam konten beauty vlogger tersebut, konsumtif yaitu membeli barang atau produk kosmetik, dan menyebarluaskan informasi yang tertuang di dalam konten video tersebut kepada teman-teman dekat informan. Makna keberadaan beauty vlogger bagi informan sebagai sarana sumber informasi seputar kecantikan yang edukatif dan efisien sekaligus sebagai sebuah alternatif di bidang karier.