PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA FABEL DAERAH SETEMPAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE REAP READ ENCODE ANNOTATE PONDER PADA SISWA KELAS VII SMP NEGRI 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Daftar Isi:
- Penelitian pada pembelajaran menceritakan kembali isi cerita fabel daerah setempat dengan menggunakan metode Read, Encode, Annotate Ponder (REAP) dilakukan berdasarkan pada masalah membaca yang dialami oleh peserta didik. Seiring dengan berkembangnya zaman, maka akan berkembang pula pola pikir setiap manusai, begitupun daya ingat manusia dalam menangkap materi pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik. Maka dari itu diperlukan pula kemajuan dalam pengembangan pembelajaran salah satunya dengan melibatkan media teknologi yang dapat meningkatkan daya kreatifitas peserta didik dan daya profesionalitas seorang pendidi., Tujuan dari penelitian ni adalah untuk meningkatkan minat baca peserta didik dengan menggunakan salah satu sumber berbasis daring yaitu Youtube Kids. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Bandung pada pembelajaran menceritakan kembali isi cerita fabel daerah setempat dengan menggunakan metode Read, Encode, Annotate Ponder (REAP). Penelitian ini termasuk kedalam jenis kuasi eksperimen. Penulis menggunakan Aplikasi SPSS untuk menghitung data penelitian, Penelitian ini terbukti berhasil karena adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pretes yang mendapat nilai 32 sampai kepada postes yang mendapat nilai 100. Metode Read, Encode, Annotate Ponder (REAP) efektif digunakan dalam pembelajaran menceritakan kembali isi cerita fabel. Kata Kunci: Pembelajaran, Membaca, fabel, Read, Encode, Annotate Ponder, Youtube Kids