Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya masalah pemahaman dan rendahnya kemampuan peserta didik dalam menganalisis pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi. Usaha untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan menganalisis pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi pada penelitian ini menggunakan metode kunjung karya. Metode kunjung karya memiliki tujuan supaya peserta didik lebih fokus pada proses pembelajaran. Tujuan lain metode kunjung karya ialah untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan peserta didik dalam menganalisis pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi. Subjek penelitian ini adalah kelas X SMAN 2 Padalarang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian true eksperimental dengan desain pre-eksperimental bentuk one-group pretest-posttest design. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu: 1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis dalam teks negosiasi menggunakan metode kunjung karya. Terbukti pada perolehan nilai perencanaan pembelajaran sebesar 3,77 dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,64 pada pembelajaran menganalisis dalam teks negosiasi menggunakan metode kunjung karya. 2) peserta didik SMA Negeri 2 Padalarang kelas X mampu menganalisis dalam teks negosiasi secara tulis menggunakan metode kunjung karya. Terbukti dari perolehan nilai rata-rata pretest sebesar 35,11 dan nilai rata-rata posttest sebesar 80,45. 3) Metode kunjung karya efektif digunakan dalam pembelejaran mengevalusai teks negosiasi di kelas X SMAN 2 Padalarang. Terbukti dengan hasil uji t yang menunjukkan thitung kelas eksperimen sebesar 0,006. 4) Hasil belajar peserta didik lebih meningkat. Terbukti dari nilai rata-rata pretes sebesar 35,11 dan rata-rata postes sebesar 80,45. Berdasarkan bukti data hasil penelitian, maka penelitian yang dilakukan penulis dapat dinyatakan berhasil. Kata Kunci: menganalisis, teks negosiasi, metode kunjung karya.