OPTIMISASI RUTE ANGKUTAN BARANG DALAM KOTA UNTUK MENURUNKAN BIAYA DISTRIBUSI DAN DAMPAK LINGKUNGAN DI KOTA BANDUNG PADA PT. XYZ
Main Authors: | GITA ANGGITA LESTARI, 153010074, Nurman Helmi, ds, Yogi Yogaswara, DS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/46119/1/GITA%20ANGGITA%20LESTARI-153010074-TEKNIK%20INDUSTRI.pdf http://repository.unpas.ac.id/46119/ http://teknik.unpas.ac.id |
ctrlnum |
46119 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/46119/</relation><title>OPTIMISASI RUTE ANGKUTAN BARANG DALAM
KOTA UNTUK MENURUNKAN BIAYA DISTRIBUSI DAN
DAMPAK LINGKUNGAN DI KOTA BANDUNG PADA
PT. XYZ</title><creator>GITA ANGGITA LESTARI, 153010074</creator><creator>Nurman Helmi, ds</creator><creator>Yogi Yogaswara, DS</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>PT. XYZ ini merupakan jaringan ritel waralaba di Indonesia. PT. XYZ merupakan
jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan seharihari dengan jumlah ritel sebanyak 68 yang tersebar di Kota Bandung. Pola
pendistribusian PT. XYZ dalam memasok barang ke setiap ritel yaitu dengan pola
acak (random). Dikarenakan perusahaan tidak memiliki jadwal yang tetap dalam
pengalokasian kendaraannya, selain itu setiap ritel dilayani oleh satu kendaraan
angkutan barang dari gudang pusat distribusi. Serta banyak terjadi kekosongan
dalam kegiatan distribusi yang menjadikannya tidak efektif dan efisien. Saat ini
perusahaan memiliki 68 kendaraan yang digunakan untuk mendistribusikan
barang ke setiap ritelnya. Hal ini mengakibatkan jarak tempuh yang dihasilkan
menjadi panjang dan berdampak pada waktu pelayanan yang lama, total biaya
distribusi menjadi besar, serta emisi gas buang menjadi meningkat. Maka untuk
mengatasi permasalahan pada PT. XYZ dilakukan usulan perbaikan terhadap
kegiatan pendistribusian yang berguna untuk meminimasi pengeluaran biaya
distribusi dan meningkatkan pendapatan perusahaan. Permasalahan utama
penelitian ini adalah untuk menentukan optimisasi rute pada setiap kelompok ritel.
Untuk menyelesaikan permasalahan penelitian ini maka dilakukan terlebih dulu
pengelompokkan ritel (clustering) dengan metode K-Means agar kendaraan yang
digunakan untuk pendistribusian menjadi lebih efektif dan efisien dalam melayani
ritel-ritel. Kemudian penentuan lokasi fasilitas (gudang antara). Selanjutnya
penentuan rute dengan metode Insertion Heuristic untuk mendapatkan rute dari
cluster yang telah terbentuk sebelumnya. Tahap yang terakhir yaitu optimisasi rute
atau perbaikan rute dari rute awal atau initial solution dengan menggunakan Ant
Colony Optimization. Hasil dari usulan penyelesaian masalah pada PT. XYZ yaitu
didapatkan 10 cluster yang mempertimbangkan demand dalam cluster yang
disesuaikan pula dengan kapasitas kendaraan angkutan barang. Kemudian
diperoleh pula rute yang optimal pada setiap clusternya dari gudang pusat ke
gudang antara serta dari gudang antara ke setiap cluster. Dengan demikian hal ini
dapat mengurangi jarak tempuh kendaraan angkutan barang yang berdampak
pada pengurangan biaya distribusi barang serta emisi gas buang kendaraan.
Sehingga didapatkan penurunan biaya distribusi kondisi saat ini dengan kondisi
optimisasi yaitu sebesar Rp. 13.687.006,43 dengan efisiensi sebesar 55,90%.
Kata Kunci : Capacity Vehicle Routing Problem, K-Means, P-Median, Insertion
Heuristic, Ant Colony Optimization, Emisi Gas Buang Kendaraan</description><date>2019-09</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/46119/1/GITA%20ANGGITA%20LESTARI-153010074-TEKNIK%20INDUSTRI.pdf</identifier><identifier> GITA ANGGITA LESTARI, 153010074 and Nurman Helmi, ds and Yogi Yogaswara, DS (2019) OPTIMISASI RUTE ANGKUTAN BARANG DALAM KOTA UNTUK MENURUNKAN BIAYA DISTRIBUSI DAN DAMPAK LINGKUNGAN DI KOTA BANDUNG PADA PT. XYZ. Skripsi(S1) thesis, Universitas Pasundan. </identifier><relation>http://teknik.unpas.ac.id</relation><recordID>46119</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
GITA ANGGITA LESTARI, 153010074 Nurman Helmi, ds Yogi Yogaswara, DS |
title |
OPTIMISASI RUTE ANGKUTAN BARANG DALAM
KOTA UNTUK MENURUNKAN BIAYA DISTRIBUSI DAN
DAMPAK LINGKUNGAN DI KOTA BANDUNG PADA
PT. XYZ |
publishDate |
2019 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/46119/1/GITA%20ANGGITA%20LESTARI-153010074-TEKNIK%20INDUSTRI.pdf http://repository.unpas.ac.id/46119/ http://teknik.unpas.ac.id |
contents |
PT. XYZ ini merupakan jaringan ritel waralaba di Indonesia. PT. XYZ merupakan
jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan seharihari dengan jumlah ritel sebanyak 68 yang tersebar di Kota Bandung. Pola
pendistribusian PT. XYZ dalam memasok barang ke setiap ritel yaitu dengan pola
acak (random). Dikarenakan perusahaan tidak memiliki jadwal yang tetap dalam
pengalokasian kendaraannya, selain itu setiap ritel dilayani oleh satu kendaraan
angkutan barang dari gudang pusat distribusi. Serta banyak terjadi kekosongan
dalam kegiatan distribusi yang menjadikannya tidak efektif dan efisien. Saat ini
perusahaan memiliki 68 kendaraan yang digunakan untuk mendistribusikan
barang ke setiap ritelnya. Hal ini mengakibatkan jarak tempuh yang dihasilkan
menjadi panjang dan berdampak pada waktu pelayanan yang lama, total biaya
distribusi menjadi besar, serta emisi gas buang menjadi meningkat. Maka untuk
mengatasi permasalahan pada PT. XYZ dilakukan usulan perbaikan terhadap
kegiatan pendistribusian yang berguna untuk meminimasi pengeluaran biaya
distribusi dan meningkatkan pendapatan perusahaan. Permasalahan utama
penelitian ini adalah untuk menentukan optimisasi rute pada setiap kelompok ritel.
Untuk menyelesaikan permasalahan penelitian ini maka dilakukan terlebih dulu
pengelompokkan ritel (clustering) dengan metode K-Means agar kendaraan yang
digunakan untuk pendistribusian menjadi lebih efektif dan efisien dalam melayani
ritel-ritel. Kemudian penentuan lokasi fasilitas (gudang antara). Selanjutnya
penentuan rute dengan metode Insertion Heuristic untuk mendapatkan rute dari
cluster yang telah terbentuk sebelumnya. Tahap yang terakhir yaitu optimisasi rute
atau perbaikan rute dari rute awal atau initial solution dengan menggunakan Ant
Colony Optimization. Hasil dari usulan penyelesaian masalah pada PT. XYZ yaitu
didapatkan 10 cluster yang mempertimbangkan demand dalam cluster yang
disesuaikan pula dengan kapasitas kendaraan angkutan barang. Kemudian
diperoleh pula rute yang optimal pada setiap clusternya dari gudang pusat ke
gudang antara serta dari gudang antara ke setiap cluster. Dengan demikian hal ini
dapat mengurangi jarak tempuh kendaraan angkutan barang yang berdampak
pada pengurangan biaya distribusi barang serta emisi gas buang kendaraan.
Sehingga didapatkan penurunan biaya distribusi kondisi saat ini dengan kondisi
optimisasi yaitu sebesar Rp. 13.687.006,43 dengan efisiensi sebesar 55,90%.
Kata Kunci : Capacity Vehicle Routing Problem, K-Means, P-Median, Insertion
Heuristic, Ant Colony Optimization, Emisi Gas Buang Kendaraan |
id |
IOS3183.46119 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2019-11-03T09:15:46Z |
last_indexed |
2019-11-03T09:15:46Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766045095888420864 |
score |
17.538404 |