PENGARUH PENGGUNAAN MODEL REALITY BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengguanan model Reality Based Learning sebagai model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada konsep Keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Ekperimental Design dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah kelas X MIPA 2 sebagai kelas Eksperimen yang berjumlah 35 siswa dan kelas X MIPA 6 sebagai kelas kontrol yang berjumalah 35 siswa. pemilihan sampel dilakukan dengan Purpossive sampling. Hasil penelitian menjukan bahwa kelas kontrol mendapatkan rata-rata N-Gain 0,5 dengan kategori sedang, sedangkan kelas eksperimen mendapatkan rata-rata N-Gain 0,7 dengan kategori sedang. Pada uji kesamaan dua rata-rata pretest mendapatkan signifikansi 0,909 sedangkan pada uji perbedaan dua rata-rata pretest mendapatkan signifikansi 0,000. Dengan arti pretest kelas kontrol dan kelas eksperimen sama secara signifikan sedangkan postest kelas kontrol dan kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. demikian hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penggunaan model Reality Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada konsep keanekaragaman hayati. Kata Kunci : Reality Based Learning, Hasil Belajar, Keanekaragaman Hayati