Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan literasi informasi dengan pembelajaran berorientasi wikipedia melalui penguasaan konsep materi virus. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dari penelitian ini ditentukan dengan teknik purpossive sampling yaitu siswa kelas X MIPA-2 di SMAN 19 Bandung pada semester ganjil tahun ajaran 2019-2020. Hasil penelitian pada aspek kognitif didapatkan skor rata-rata pretest sebesar 60 dan skor rata-rata posttest sebesar 80 serta dari hasil uji N-Gain didapatkan skor sebesar 0,49 dengan kategori sedang. Kemudian hasil kemampuan Literasi Informasi memperoleh skor rata-rata sebesar 85,76% dengan kategori sangat baik. Dan angket respon siswa terhadap pembelajaran memperoleh skor rata-rata sebesar 74,44% dengan kategori baik. Kemudian, hasil penelitian pada aspek afektif mendapatkan skor rata-rata sebesar 82% dengan kategori sangat baik dan aspek psikomotor mendapatkan skor rata-rata sebesar 70,93 dengan kategori baik. Dari data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berorientasi wikipedia dapat meningkatkan keterampilan literasi informasi dan penguasaan konsep pada materi virus. Kata Kunci: Literasi Informasi, Wikipedia, Virus.