IMPLEMENTASI E-LEARNING SEBAGAI KOMPONEN TPACK DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KINGDOM MONERA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan metode e-learning dalam kerangka kerja TPACK terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada pokok materi Kingdom Monera. Subjek yang digunakan adalah 23 orang peserta didik kelas X MIPA SMA Nasional Bandung. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan tipe design One Group Pretest Posttest Design. Pembelajaran ini dilakukan dengan metode e-learning yang bahan ajarnya diupload ke LMS Moodle yang dapat diakses melalui internet. Pengukuran hasil belajar peserta didik diukur melalui soal pretest dan posttest, adapun jenis soal yang digunakan adalah multiple choice dengan jumlah 20 soal dan terdapat 4 alternatif jawaban. Keefektifan e-learning dengan menggunakan LMS Moodle dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diterapkannya e-learning yang diuji dengan menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek kognitif hasil belajar meningkat secara signifikan (p < 0,05) dengan Gain rata-rata 50,22. Pada kategori rendah (N-gain = 0,00 < g < 0,30) 4,35%, kategori sedang (N-gain = 0,30 ≤ g < 0,70) 21,74%, dan pada kategori tinggi (N-gain = 0,70 ≤ g ≤ 1,00) 73,91%. Pada aspek afektif, peserta didik menunjukkan sikap dengan nilai rata -rata 88.86 yang termasuk kedalam kategori sangat baik, serta pada aspek psikomotor peserta didik menunjukkan keterampilan dengan skor rata-rata 83,15 dan termasuk ke dalam kategori baik. Kata Kunci: E-learning, TPACK, Hasil belajar peserta didik, Kingdom Monera