PERBANDINGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBEL DAN METODE MAKE-A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MARGAHAYU
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul perbandingan metode pembelajaran kooperatif tipe scramble dan make a match terhadap hasil belajar biologi kelas X SMA Negeri 1 Margahayu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan perbandingan hasi belajar siswa dengan menggunakan metode kooperatif tipe scrambel dan make a match. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode quasi experimental. Desain penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Penelitian ini melibatkan 68 siswa SMA kelas X. Instrument soal untuk mengukur hasil belajar siswa. Temuan hasil belajar siswa menggunakan metode make a match menunjukkan hasil yang lebih tinggi dibanding hasil belajar menggunakan metode scrambel. Hasil uji korelasi menunjukkan hasil belajar siswa berkolerasi signifikan (ρ < 0,05). Kata Kunci : Metode scrambel, make a match, hasil belajar