Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan menggunakan metode E-Learning dalam kerangka kerja TPACK terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik dengan materi pokok Jaringan Hewan. Subjek yang digunakan adalah 32 orang peserta didik dikelas XI MIPA SMA Nasional Bandung. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental dengan tipe design One-Group Pretest Posttest Design. Pembelajaran ini menggunakan metode E-Learning yang bahan ajarnya di upload ke LMS Moodle yang dapat diakses melalui internet dengan situs unpas15.com. Pengukuran hasil belajar peserta didik diukur melalui soal Pretest dan Posttest adapun jenis soal yang digunakan adalah multiple choice dengan jumlah 20 soal dan terdapat 4 alternatif jawaban. Keefektifan E-Learning dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik dengan peningkatan skor (Gain=34.53) dari jumlah 32 orang peserta didik 7 orang peserta didik (21,87%) mengalami peningkatan hasil belajar dengan kriteria tertinggi (N-Gain = 0,71-0.86) dan 24 orang peserta didik (75%) mengalami peningkatan hasil belajar dengan kriteria sedang (N-Gain = 0,44-0,70) dan 1 orang (3,13%) peserta didik mengalami peningkatan hasil belajar dengan kriteria rendah (N-Gain = 0,14). Pada ranah afektif (sikap) yang diperoleh dari observasi di kelas selama proses pembelajaran, menunjukan bahwa pada aspek penilaian rasa ingin tahu terdapat 67,1% peserta didik menunjukkan tanggung jawab, 62,9% peserta didik menunjukan sikap disiplin 62,1% , peserta didik menujukan responsive dan proaktif terdapat 67,1% dan peserta didik melaksanakan pembelajaran dengan mengakses MMI terdapat 75,7% . dari 32 peserta didik terdapat 5 diantaranya memiliki kriteria sangat baik, 6 memiliki kriteria baik dan 21 peserta didik memiliki kriteria cukup. Kata kunci : E-Learning , TPACK, Hasil Belajar Peserta Didik, Jaringan Hewan.