Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang kesulitan siswa dalam memahami pelajaran tentang jaringan tumbuhan dan kurangnya pemanfaatan teknologi smartphone dalam bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran berbantu aplikasi instagram pada materi jaringan tumbuhan dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan tanggapan siswa terhadap pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experiment dengan desain penelitian nonequivalenty control group design. Data hasil penelitian diperoleh dengan pretest dan posttest. Analisis data hasil penelitian menggunakan program software IBM SPSS Statistic 20.0, dari hasil analisis data posttest menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada pembelajaran menggunakan media gambar berbantu aplikasi instagram dengan pembelajaran menggunakan media gambar berbantu powerpoint. Pembelajaran menggunakan media gambar berbantu aplikasi instagram lebih baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa, karena melalui aplikasi instagram siswa dapat melakukan aktivitas pengisian kuis, diskusi, memberikan tanggapan, dan melihat tugas atau karya yang telah dikerjakan, dengan begitu siswa menjadi lebih mudah untuk mengulang kembali pembelajaran kapanpun dan dimanapun. Pembelajaran menggunakan media gambar berbantu aplikasi instagram mendapatkan tanggapan positif dari siswa. Kata Kunci: Aplikasi Instagram, Jaringan Tumbuhan, Hasil Belajar Siswa