PEMBANGUNAN GAME 3D PLATFORM UNTUK PENGENALAN MOTIF BATIK CIREBON MENGGUNAKAN UNITY 3D

Main Authors: FARHAN ZAKARIA, 123040221, Sandhika Galih Amalga, ds, Handoko Supeno, DS
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.unpas.ac.id/45927/1/Farhan%20Zakaria_123040221_Teknik%20Informatika.pdf
http://repository.unpas.ac.id/45927/
http:/www.teknik.unpas.ac.id
Daftar Isi:
  • Upaya pelestarian kebudayaan daerah dalam bentuk game (game edukasi) sebagai media pembelajaran merupakan alternatif diharapkan efektif untuk diterapkan. Menurut [Vir 05] teknologi game dapat memotivasi pembelajaran dan melibatkan pemain, sehingga proses pembelajaran lebih menyenangkan. Sedangkan saat ini kebanyakan pengenalan motif batik di sanggar masih menggunakan foto ataupun kain batik tanpa informasi tambahan, begitupun yang dilakukan di Sanggar Batik Katura yang mengenalkan motif batik menggunakan foto berukuran kecil tanpa informasi Setelah dilakukan wawancara Bersama pemilik sanggar, kurangnya minat dalam mencari informasi mengenai motif batik disebabkan kurangnya pemanfaatan teknologi dan keterbatasan tempat dan waktu dalam memperkenalkan motif batik, maka dengan media game ini akan menjadikan inovasi baru dalam memperkenalkan motif batik Cirebon. Dalam penyusunan Tugas Akhir ini menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC). Game Development Life Cycle merupakan pengerucutan dari SDLC untuk sebuah perangkat lunak berjenis game. [Zin 09] memasukan unsur edukasi dalam game dengan memperkenalkan motif batik menggunakan Taksonomi Bloom sebagai acuan dalam pengenalan motif batik (kata kunci : game, motif batik,GDLC,)