PEMBUATAN MATERI DIGITAL UNTUK KONSEP PENYEDERHANAAN ALJABAR BOOLEAN MENGGUNAKAN KARNAUGH MAP
Main Authors: | Riki Riaklana Sudrajat, 123040298, Mellia Liyanthy, Ds, Rita Rijayanti, DS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/45926/1/RikiRiaklanaSudrajat_123040298_Informatika.pdf http://repository.unpas.ac.id/45926/ http:/www.teknik.unpas.ac.id |
Daftar Isi:
- Aljabar Boolean, sebagai salah satu cabang matematika, pertama kali dikemukakan seorang matematikawan Inggris, George Boole, pada Tahun 1854. Boole melihat bahwa himpunan dan logika proposisi mempunyai sifat-sifat yang serupa. Dalam buku The Laws of Thought, Boole memaparkan aturan-aturan dasar logika (yang kemudian dikenal sebagai logika Boolean). Aturan dasar logika ini membentuk struktur matematika yang disebut aljabar Boolean. Pengajuan berbentukan Komputer atau disingkat dengan CAI (Computer Assisted Instruction) merupakan pengembangan dari pada teknologi informasi terpadu yaitu komunikasi (interaktif), audio, video, penampilan citra yang dikemas dengan sebutan teknologi multimedia. Pembuatan dilakukan dengan menggunakan metodologi MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang mempunyai tahapan seperti concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Tahapan concept dilakukan untuk mengidentifikasi perkiraan kebutuhan. Tahapan design dilakukan untuk pembuatan desain visual tampilan antarmuka, storyboard, struktur menu, struktur navigasi dan interaktifitas. Tahapan material collecting dilakukan untuk pembuatan ilustrasi, gambar dan videon serta pemrograman. Tahap testing dilakukan untuk memastikan apakah hasilnya sesuai dengan tahap design. Penelitian ini menghasilkan model media pembelajaran bagi mahasiswa Universitas Pasundan maupun pengguna yang tertarik mendalami dunia pemrograman dan informatika. Media pembelajaran berbasiskan multimedia yang berlandaskan permasalahan yang merupakan pendekatan yang sangat efektif dan efisien untuk mengerjakan proses belajar yang dilakukan. Kata kunci: Multimedia Aplikasi, Aljabar Boolean, Computer Assisted Instruction, Multimedia Development Life Cycle.