PENGARUH PROGRAM MAGANG KEPENDIDIKAN TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU MAHASISWA FKIP UNPAS (Survey Pada Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan Pendidikan Matematika Angkatan 2015 Tahun Akademik 2018/2019)
ctrlnum |
45908 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/45908/</relation><title>PENGARUH PROGRAM MAGANG KEPENDIDIKAN
TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU MAHASISWA FKIP
UNPAS 
(Survey Pada Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan
Pendidikan Matematika Angkatan 2015 Tahun Akademik 2018/2019)</title><creator>MUHAMAD AKBAR PAMUNGKAS, 155020076</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Judul penelitian ini: "PENGARUH PROGRAM MAGANG KEPENDIDIKAN
TERHADAP KESIAPAN MAHASISWA MENJADI GURU FKIP UNPAS
(Survey Pada Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganeraan dan
Pendidikan Matematika Angkatan 2015 Tahun Akademik 2018/2019)" dengan
latar belakang yaitu Sebagai mahasiswa calon guru, yang menempuh pendidikan
di FKIP UNPAS Bandung tentunya harus memiliki bekal yang lebih dari cukup
untuk menguasai kompetensi-kompetensi yang mempengaruhi dalam kesiapan
menjadi seorang guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh program magang kependidikan terhadap kesiapan mahasiswa sebagai
calon guru. Penelitian ini menggunakan cara pendekatan kuantitatif, sedangkan
metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey, cara mengumpulkan
data dengan menggunakan kuesioner dan observasi. Subjek dalam penelitian ini
menggunakan sampel yang berjumlah 83 mahasiswa FKIP UNPAS prodi
pancasila dan Kewarganegaraan dan pendidikan matematika. Analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif data melalui perhitungan ratarata

(mean) skor, regresi linier sederhana dan koefisien determinasi dengan
bantuan SPSS 21.0 for Windows.
Hasil penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif diperoleh rekapitulasi
skor rata-rata tanggapan responden mengenai program magang kependidikan
sebesar 3,73 (49,70%) berada pada kategori “sangat setuju”, dan mengenai
kesiapan mahasiswa menjadi guru sebesar 3,73 (55,66%) berada pada kategori
“sangat setuju”. Berdasarkan analisis verifikatif data yang telah dilakukan
diperoleh Coefficients regresi linier sederhana (Y = 3,404 + 0,293 X) dapat
dijelaskan jika terjadi peningkatan sebesar 1 pada variabel program magang
kependidikan maka akan meningkatkan kesiapan mengajar sebesar 0,293.
Sedangkan sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel program magang
kependidikan terhadap variabel kesiapan mahasiswa menjadi guru berdasarkan
hasil perhitungan koefisien determinasi adalah sebesar 43,3%, sedangkan sisanya
sebesar 56,7% dipengaruhi oleh faktor di luar variabel program magang
kependidikan, serta kesimpulan dapat diterima.
Sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran bagi mahasiswa dalam
melaksanakan kegiatan program magang kependidikan diharapkan mampu
mengembangkan teknik mengajar dan mampu membuat pembelajaran
berlangsung secara interaktif, inspiratif dan menyenangkan, hendaknya
memberikan suatu informasi terbaru serta pengetahuan mengenai perangkat
pembelajaran.

Kata Kunci: Program Magang Kependidikan, Kesiapan Mahasiswa Menjadi
Guru</description><date>2019-10-14</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45908/2/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45908/2/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45908/2/ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45908/1/Lembar%20Pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45908/4/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45908/5/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45908/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45908/3/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45908/4/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45908/4/BAB%20V.pdf</identifier><identifier> MUHAMAD AKBAR PAMUNGKAS, 155020076 (2019) PENGARUH PROGRAM MAGANG KEPENDIDIKAN TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU MAHASISWA FKIP UNPAS (Survey Pada Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan Pendidikan Matematika Angkatan 2015 Tahun Akademik 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><relation>http://fkip.unpas.ac.id</relation><recordID>45908</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
MUHAMAD AKBAR PAMUNGKAS, 155020076 |
title |
PENGARUH PROGRAM MAGANG KEPENDIDIKAN
TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU MAHASISWA FKIP
UNPAS
(Survey Pada Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan
Pendidikan Matematika Angkatan 2015 Tahun Akademik 2018/2019) |
publishDate |
2019 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/45908/2/COVER.pdf http://repository.unpas.ac.id/45908/2/ABSTRAK.pdf http://repository.unpas.ac.id/45908/2/ABSTRACT.pdf http://repository.unpas.ac.id/45908/1/Lembar%20Pengesahan.pdf http://repository.unpas.ac.id/45908/4/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/45908/5/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/45908/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/45908/3/BAB%20III.pdf http://repository.unpas.ac.id/45908/4/BAB%20IV.pdf http://repository.unpas.ac.id/45908/4/BAB%20V.pdf http://repository.unpas.ac.id/45908/ http://fkip.unpas.ac.id |
contents |
Judul penelitian ini: "PENGARUH PROGRAM MAGANG KEPENDIDIKAN
TERHADAP KESIAPAN MAHASISWA MENJADI GURU FKIP UNPAS
(Survey Pada Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganeraan dan
Pendidikan Matematika Angkatan 2015 Tahun Akademik 2018/2019)" dengan
latar belakang yaitu Sebagai mahasiswa calon guru, yang menempuh pendidikan
di FKIP UNPAS Bandung tentunya harus memiliki bekal yang lebih dari cukup
untuk menguasai kompetensi-kompetensi yang mempengaruhi dalam kesiapan
menjadi seorang guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh program magang kependidikan terhadap kesiapan mahasiswa sebagai
calon guru. Penelitian ini menggunakan cara pendekatan kuantitatif, sedangkan
metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey, cara mengumpulkan
data dengan menggunakan kuesioner dan observasi. Subjek dalam penelitian ini
menggunakan sampel yang berjumlah 83 mahasiswa FKIP UNPAS prodi
pancasila dan Kewarganegaraan dan pendidikan matematika. Analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif data melalui perhitungan ratarata
(mean) skor, regresi linier sederhana dan koefisien determinasi dengan
bantuan SPSS 21.0 for Windows.
Hasil penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif diperoleh rekapitulasi
skor rata-rata tanggapan responden mengenai program magang kependidikan
sebesar 3,73 (49,70%) berada pada kategori “sangat setuju”, dan mengenai
kesiapan mahasiswa menjadi guru sebesar 3,73 (55,66%) berada pada kategori
“sangat setuju”. Berdasarkan analisis verifikatif data yang telah dilakukan
diperoleh Coefficients regresi linier sederhana (Y = 3,404 + 0,293 X) dapat
dijelaskan jika terjadi peningkatan sebesar 1 pada variabel program magang
kependidikan maka akan meningkatkan kesiapan mengajar sebesar 0,293.
Sedangkan sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel program magang
kependidikan terhadap variabel kesiapan mahasiswa menjadi guru berdasarkan
hasil perhitungan koefisien determinasi adalah sebesar 43,3%, sedangkan sisanya
sebesar 56,7% dipengaruhi oleh faktor di luar variabel program magang
kependidikan, serta kesimpulan dapat diterima.
Sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran bagi mahasiswa dalam
melaksanakan kegiatan program magang kependidikan diharapkan mampu
mengembangkan teknik mengajar dan mampu membuat pembelajaran
berlangsung secara interaktif, inspiratif dan menyenangkan, hendaknya
memberikan suatu informasi terbaru serta pengetahuan mengenai perangkat
pembelajaran.
Kata Kunci: Program Magang Kependidikan, Kesiapan Mahasiswa Menjadi
Guru |
id |
IOS3183.45908 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2019-11-03T09:15:37Z |
last_indexed |
2019-11-03T09:15:37Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766045094963576832 |
score |
17.538404 |