PEMBELAJARAN MENANGGAPI TEKS ULASAN CERPEN BERFOKUS STRUKTUR DAN UNSUR KEBAHASAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KRATHWOHL PADA SISWA KELAS VIII SMPN 40 BANDUNG TAHUN AJARAN 2018/2019
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 40 Bandung dengan tujuan mengetahui kemampuan peserta didik dalam menguasai salah satu keterampilan berbahasa, yaitu menulis. Menulis merupakan medium untuk menuangkan ide atau gagasan, sehingga menghasilkan sebuah karya dalam bentuk tulisan yang produktif. Salah satu bentuk produktifitas menulis adalah teks ulasan. Teks ulasan merupakan karya tulis yang berisi penilaian terhadap sebuah karya. Cerpen merupakan karya sastra yang dapat dibaca dalam waktu singkat dengan unsur di dalamnya sangat terbatas. Pada penelitian ini, peneliti membuat perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran menanggapi teks ulasan cerpen. Peneliti menggunakan model pembelajaran Krathwohl, dengan harapan peserta didik mampu konsisten dalam menulis dan mengetahui keefektifitasan model pembelajaran tersebut. Peneliti menggunakan dua tes, yaitu pretes dan postes untuk mengukur keefektifan model pembelajaran tersebut. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah, observasi, tes, kajian pustaka, dan uji coba. Hasil yang diperoleh oleh peneliti, lalu diolah menggunakan SPSS Statistic 25. Nilai yang diperoleh dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 26. Pembelajaran menanggapi teks ulasan cerpen tersebut mengalami peningkatan dari nilai rata-rata pretes 28 menjadi 80,22 pada nilai rata-rata postes. Hal ini membuktikan bahwa model Krathwohl, efektif dalam pembelajaran menanggapi teks ulasan cerpen berfokus struktur dan unsur kebahasaan. Kata Kunci: Menulis, Teks ulasan, Krathwohl