Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh atau tidak penggunaan metode pembelajaran kooperatif Teams Games Tournaments terhadap hasil belajar siswa SMA Pasundan 3 Bandung dengan populasi kelas XI dan sampel kelas XI MIPA-1 sebagai kelompok kelas eksperimen dan kelas XI MIPA-2 sebagai kelompok kelas kontrol. Pendekatan yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain eksperimen Nonequivalent Group Pretest Postest. Bentuk desain eksperimen Nonequivalent Group Pretest Postest ini dengan memberikan perlakukan yang berbeda terhadap kelompok kelas eksperimen yaitu dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament sedangkan kelompok kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional yaitu ceramah. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen test dengan banyaknya soal pilihan ganda sebanyak 15 soal. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kelompok kelas eksperimen dengan kelompok kelas kontrol. Dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan analisis uji Paired Sampel T-Test dengan sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci : Kooperatif tipe teams games tournament, hasil belajar