PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas V SDN 223 Bhakti Winaya Bandung)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh metode Resitasi terhadap hasil belajar siswa. Metode ini akan digunakan pada tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia sub tema 3 Lingkungan dan Manfaatnya di kelas V SDN 223 Bhakti Winaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi dan sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas VA sebgai kelas eksperimen yang berjumlah 34 orang dan VB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 orang. Pengambilan data melalui observasi, soal tes, dan dokumentasi. Tes yang digunakan berupa pre-test dan post-test untuk mengambil data hasil belajar peserta didik. Teknik pengolahan data yang di gunakan berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji t, uji gain, dan uji effect size. Hasil uji gain (g) dapat diketahui bahwa adanya peningkatan pada kelas eksperimen dengan metode resitasi sebesar 57% dengan kategori sedang. Dan pada kelas kontrol dengan metode konvensional terjadi penurunan sebesar -27%. Maka dapat dikatakan bahwa metode resitasi dapat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN 223 Bhakti Winaya Bandung. Kata Kunci : Metode Resitasi, Hasil Belajar.