PEMBELAJARAN MENGANALISIS ISI DEBAT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-END ANALYSIS PADA KELAS X SMK MITRA KARYA KABUPATEN BEKASI TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Daftar Isi:
- Menganalisis adalah penyelidikan dalam memecahkan masalah pada proses pembelajaran. Peneliti tertarik melakukan penelitian mengenai “Pembelajaran menganalisis isi debat di Kelas X SMK Mitra Karya Kabupaten Bekasi” hasil penelitiannya adalah sebagai berikut: 1) Peneliti mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis isi debat dalam forum diskusi dengan menggunakan model pembelajaran means-end analysis pada peserta didik kelas X SMK Mitra Karya Kabupaten Bekasi. Hal ini terbukti hasil berdasarkan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran menganalisis isi debat dengan menggunakan model means-end analysis dari guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Dalam perencanaan pembelajaran, peneliti mendapatkan nilai sebesar 3,62 dan dalam pelaksanaan pembelajaran peneliti mendapatkan nilai sebesar 3,62. 2) Peserta didik kelas X SMK Mitra Karya Kabupaten Bekasi mampu menganalisis isi debat. Hal ini dibuktikan dari selisih nilai rata-rata pretes sebesar 51,42 dan nilai postes sebesar 82,99. Selisih dari kedua nilai tersebut sebesar 31,57. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar pada peserta didik kelas X kontrol dan peserta didik kelas eksperimen. Perbedaan tersebut diperoleh dari hasil uji Paired Sample T Test rata-rata yang didapatkan dari nilai pretes dan postes kelas eksperimen yaitu rata-rata nilai pretes sebesar 51,42 dan postes sebesar 82,99. Sedangkan pada rata-rata kelas kontrol yaitu pada pretes sebesar 38,99 dan postes sebesar 71,32. 4) Model pembelajaran means-end analysis efektif dalam menganalisis isi debat sebagai kelas eksperimen dibandingkan model pembelajaran jigsaw sebagai kelas kontrol. Hal itu dikarenakan 0,5817 dan 0,431 lebih tinggi dari 0.05 (g <0.50). Kata kunci: Means-End Analysis, kebahasaan, menganalisis, pembelajaran, isi debat.