Daftar Isi:
  • Menelaah termasuk ke dalam keterampilan membaca karena hal pertama yang akan dilakukan sebelum menelaah suatu teks yaitu membaca. Membaca merupakan suatu kegiatan untuk menerima informasi melalui tulisan. Penulis tertarik melakukan penelitian mengenai “Pembelajaran Menelaah Struktur dan Kaidah Kebahasaan Legenda daerah setempat dengan Menggunakan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition Kelas VII SMP Negeri 1 Sagalaherang Tahun Pelajaran 2018/2019”. Permasalahan yang diajukan adalah: (1) Bagaimanakah kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan legenda daerah setempat sebelum menggunakan metode CIRC ?, (2) Bagaimanakah kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan legenda daerah setempat sesudah menggunakan metode CIRC ?, (3) Adakah perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan legenda daerah setempat antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen ? (4) Efektifkah metode CIRC untuk meningkatkan kemampuan peserta didik menelaah struktur dan kebahasaan legenda daerah setempat ? Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian one group pretest-posttest design. Adapun hasil penelitiannya adalah: (1) peserta didik mampu mengikuti pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan legenda daerah setempat sebelum menggunakan metode CIRC, (2) peserta didik mampu mengikuti pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan legenda daerah setempat sesudah menggunakan metode CIRC, (3) Ada perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan legenda daerah setempat antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen (4) Metode CIRC efektif untuk meningkatkan kemampuan peserta didik menelaah struktur dan kebahasaan legenda daerah setempat.Terlihat dari hasil perhitungan statistik : (1) pada pelaksaan pretest, kelas eksperimen memperoleh nilai ratarata sebesar 70,8, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 68,2, (2) pada pelaksaan posttest, kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,5, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 73,8, (3) perhitungan thitung untuk kelas eksperimen dengan nilai t hitung sebesar 9,48, sedang kelas kontrol dengan nilai thitung sebesar 1,62), (4) penggunaan metode CIRC efektif digunakan, karena telah menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik secara signifikan. Berdasarkan data dari penelitian, maka disimpulkan bahwa penelitian terlaksana dengan baik. Kata kunci: CIRC, kebahasaan, legenda, menelaah, pembelajaran, struktur teks.