PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DISERTAI TUGAS SUPERITEM UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH, KOMUNIKASI DAN BELIEF MATEMATIS SISWA (SMP Negeri 19 Kota Bandung)
Main Author: | REALISNA PUTRI MAHARANI KAVADRI, NPM: 168060009 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/45676/1/REALISNA%20PUTRI%20MAHARANI.docx http://repository.unpas.ac.id/45676/ |
Daftar Isi:
- Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalahmatematis, komunikasi dan belief matematis siswa yang memperoleh strategi pembelajaranEveryone is a Teacher Here disertai Tugas Super-item, Everyone is a Teacher Here, dan konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi-eksperimen dengan menggunakan Mixed method model Embedded Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 19 Bandung tahun ajaran 2017-2018 dengan sampel sebanyak tiga kelas yaitu kelas VIII-D, VIII-F, dan VIII-I. Hasil penelitian yang diperloeh adalah: (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis antara siswa yang memperoleh strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here disertai Tugas Super-item, strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here, dan konvensional; (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa yang memperoleh strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here disertai Tugas Super-item lebih baik daripada siswa yang memperoleh strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here; (3) peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa yang memperoleh strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here disertai Tugas Super-item lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (4) peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa yang memperoleh strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here tidak lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (5) terdapat perbedaan belief matematis antara siswa yang memperoleh strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here disertai Tugas Super-item, strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here, dan konvensional(6) belief matematis siswa yang memperoleh strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here disertai Tugas Super-item tidak lebih baik daripada siswa yang memperoleh strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here(7) belief matematis siswa yang memperoleh strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here disertai Tugas Super-item tidak lebih baik daripada siswa yang memperoleh strategi pembelajaran konvensional; (8) belief matematis siswa yang memperoleh strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here tidak lebih baik daripada siswa yang memperoleh strategi pembelajaran konvensional;(9) terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah, komunikasi dan belief matematis. Kata Kunci : Strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here, tugas Super-item, Pemecahan Masalah Matematis, Komunikasi matematis, Belief matematis.