PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DIRECT LISTENING ACTIVITIES BERFOKUS PADA UNSUR-UNSUR BERITA (5W+1H) DI KELAS VIII SMPN 3 LEMBANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Daftar Isi:
- Kemampuan menyimak peserta didik masih terbilang kurang dikarenakan peserta didik masih sulit untuk memahami informasi-informasi yang disampaikan oleh pendidik atau narasumber, sehingga pemahaman informasi yang disampaikan akan terasa sulit dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya simak peserta didik dengan menggunakan metode direct listening activities dengan materi unsur-unsur teks berita (5W+1H) pada peserta didik di SMPN 3 Lembang. Subjek pada penelitian ini adalah kelas VIII K sebagai kelas ekperimen yang berjumlah 35 peserta didik dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 orang. Metode penelitian ini yaitu eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan dapat dilihat dari nilai prates kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 23,78 dan hasil pascates dengan nilai rata-rata 76. Hasil hipotesis menunjukkan hipotesis memiliki nilai sig. 0,00 yang artinya < 0,05 maka hasil uji T ini diartikan terdapat perbedaan yang signifikan antara prates dan pascates. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dengan menggunakan metode direct listening activities dapat memberikan nilai yang tinggi untuk meningkatkan keterampilan menyimak pada peserta didik SMPN 3 Lembang. Kata kunci: Menyimak, direct listening activities, berita