PEMBELAJARAN MENELAAH KEBAHASAAN TEKS CERITA FANTASI YANG BERORIENTASI PADA KALIMAT DIALOG DAN DIKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PGII 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Daftar Isi:
- Menelaah kebahasaan teks cerita fantasi adalah kegiatan pembelajaran untuk melatih peserta didik dalam membaca. Dalam penelitian ini, penulis ingin menge-tahui kemampuan peserta didik dalam proses menelaah kebahas aan teks cerita fantasi dengan menggunakan metode Directed Reading Thinking Activity (DR-TA). Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu kuasi eksperimen dengan de-sain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi peserta didik da-lam penelitian ini yaitu kelas VII SMP PGII 2 Bandung dengan sampel kelas kon-trol (VII B) dan kelas eksperimen (VII C). Adapun hasil penelitian ini dipaparkan sebagai berikut. (1) Penulis merencanakan dan melaksanakan pembelajaran mene-laah kebahasaan teks cerita fantasi yang berorientasi pada kalimat dialog dan diksi menggunakan metode Directed Reading Thinking Activity. Hasil penilaian ter-bukti merencanakan dan melaksanakan pembelajaran 3,62; (2) Peserta didik kelas VII SMP PGII 2 Bandung mampu dalam menelaah kebahasaan teks cerita fantasi yang berorientasi pada kalimat dialog dan diksi. Hal ini terbukti dari hasil prates kelas eksperimen dengan rata-rata 59,83, sedangkan prates kelas kontrol dengan rata-rata 45,83; (3) Peserta didik kelas VII SMP PGII 2 Bandung mampu dalam menelaah kebahasaan teks cerita fantasi yang berorientasi pada kalimat dialog dan diksi. Hal ini terbukti dari hasil pascates kelas eksperimen dengan 79,67, sedang-kan pascates kelas kontrol dengan rata-rata 72,17; (4) Metode Directed Reading Thinking Activity efektif dalam pembelajaran menelaah kebahasaan teks cerita fantasi yang berorientasi pada kalimat dialog dan diksi. Hal tersebut terbukti nilai Asymp. Sig, (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka, Ha diterima sehingga da-pat di-simpulkan bahwa nilai pascates lebih besar dari prates sehingga metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA) efektif dalam pembelajaran menelaah kebaha-saan teks cerita fantasi yang berorientasi pada kalimat dialog dan diksi pada peser-ta didik kelas VII SMP PGII 2 Bandung. Kata kunci: menelaah, kebahasaan teks cerita fantasi, metode DRTA