Daftar Isi:
  • Menceritakan kembali isi cerita yaitu kegiatan menyusun kembali cerita dengan melakukan tahapan atau proses. Penulis bermaksud untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam proses menceritakan kembali isi cerita rakyat yang dibaca. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah kuasi eksperimen. Adapun hasil penelitiannya, yaitu: (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menceritakan kembali isi cerita rakyat yang dibaca dengan menggunakan media kartun. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,8 pada kelas eksperimen dan 3,7 pada kelas kontrol; (2) Peserta didik kelas X SMK Pasundan 3 Bandung mampu menceritakan kembali isi cerita rakyat yang dibaca. Hal ini terbukti dari nilai rata -rata 57,3 dan postes rata-rata 70 pada kelas eksperimen. Sedangkan hasil pretes rata-rata 46,9 dan postes rata-rata 68,1 pada kelas kontrol; (3) Adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dalam menceritakan kembali isi cerita rakyat yang dibaca dengan menggunakan media kartun. Hal ini terbukti dri pengujian hipoesis dengan Uji Wilcoxon didapatkan nilai Z sebesar -4,719 dengan p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka, Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X SMK Pasundan 3 Bandung dalam pembelajaran menceritakan kembali isi cerita rakyat yang dibaca dengan menggunakan media kartun; (4) Media kartun efektif digunakan dalam pembelajaran menceritakan kembali isi cerita rakyat. Hal ini terbukti berda sarkan hasil data indeks gain; (5) Media kartun lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menceritakan kembali isi cerita rakyat yang dibaca. Hal ini terbukti dari hasil uji Mann Whitney Gain Ranks dengan didapatkan nilai Asymp. Sig 2 tailed sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: menceritakan kembali, teks cerita rakyat, media kartun.