Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema kebersamaan dalam keberagaman dengan menggunakan model Problem Based Learning, yang menjadi objek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Pangsor tahun ajaran 2019/2020 yang mencakup 22 siswa terdiri 12 laki-laki dan 10 perempuan. SDN Pangsor berlokasi dikabupaten sumedang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pertama adanya peningkatan sikap peduli pada siklus I mencapai 41%, siklus II mencapai 64 % dan siklus III mencapai 86%. Kedua, adanya peningkatan sikap santun pada siklus I mencapai 36%, iklus II mencapai 64% dan siklus III mencapai 90%. Ketiga adanya peningkatan keterampilan pada siklus I mencapai 50%, siklus II mencapai 75% dan siklus III mencapai 100%. Keempat adanya peningkatan pengetahuan pada siklus I mencapai 41%. Siklus II mencapai 68% dan siklus III mencapai 82%. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning pada subtema kebersamaan dalam keberagaman pada kelas IV SDN Pangsor dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang mencakup sikap peduli, sikap santun, keterampilan dan pengetahuan siswa. Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar.