Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan berdasarkan landasan permasalahan dalam kebahasaan khususnya dalam keterampilan menulis. Permasalahan tersebut dialami oleh peserta didik yang memiliki kesulitan dan kurang minat saat menuliskan sebuah tulisan, terlebih tulisan tersebut yang berkonteks formal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran mengonstruksi teks ceramah tentang permasalahan aktual dengan menggunakan metode exlicit instruction; mengetahui kemampuan peserta didik kelas eksperimen dalam pembelajaran mengonstruksi teks ceramah tentang permasalahan aktual dengan meggunakan metode explicit instruction dibandingkan kelas kontrol; mengetahui hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dalam pembelajaran mengonstruksi teks ceramah tentang permasalahan aktual dengan meggunakan metode explicit instruction dibandingkan kelas kontrol; mengetahui keefektifan metode explicit instruction dibandingkan metode ceramah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: telaah pustaka, observasi, uji coba, tes, dan analisis. Adapun hasil penelitian, penulis mampu dalam merancanakan pembelajaran dengan memeroleh nilai sebesar 3,8 yang berkategori sangat baik dan mampu melaksanakan serta mengevaluasi pembelajaran dengan memperoleh 3,5 berkategori sangat baik. Kemampuan dan hasil peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata nilai pretes yang diperoleh sebesar 44,17>30,01 dan hasil rata-rata nilai postes sebesar 80,69>68,42. Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan kelas kontrol dengan dilihat dari hasil Uji Mann-Whitney (Gain) yang membuktikan signifikasi 0,0007. Apabila nilai sig 0,0007 < 0,05, maka hipotesis penelitian dapat diterima. Kata Kunci: Eksperimen, explicit instruction, mengonstruksi, teks ceramah.