HUBUNGAN KEMANDIRIAN DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian Kuantitatif Korelasional Pada Peserta Didik Kelas V SD Negri Se-Desa Rancamanyar Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung )
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya sikap kemandirian peserta didik dan rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V di SD Negri se-desa Rancamanyar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan kemandirian dengan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian korelasional, sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 214 peserta didik dari beberapa kelas V di SD Negri se -Desa Rancamanyar. Instrumen utama yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu angket. Uji coba instrumen dilakukan di kelas V C SDN RANCAMANYAR 1 yang dijadikan responden sebanyak 35 peserta didik, dimana kelas tersebut tidak termasuk kedalam sampel penelitian. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Pearson Product Moment. Sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data dilakukan dengan Uji Analisis Statistik Deskriptif dan Uji asumsi data yang dyang diantaranya yaitu uji normalitas, uji Linieritas dan uji korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan : (1) Pada kemandirian belajar menunjukkan bahwa rata-rata skor kemandirian belajar adalah 14847 dengan presentase sebesar 84,5% termasuk kedalam kategori sangat kuat. (2) Pada hasil belajar menunjukan rata-rata 79,75 termasuk kedalam kategori baik. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian dengan hasil belajar peserta didik dengan nilai R sebesar 0,533 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Saran yang dapat dijadikan masukan yaitu lebih memperhatikan sikap kemandirian dalam rancangan pembelajaran hal tersebut untuk meningkankan kemandirian peserta didik. Kata kunci : Kemandirian belajar, Hasil belajar