Daftar Isi:
  • Pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar pada umumnya menggunakan metode konvensional dilihat pada saat terjadinya proses pembelajaran. Oleh sebab itu peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SDN 033 Asmi yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku dengan menggunakan model Project Based Learning. PTK ini berlangsung dalam III siklus. Setiap siklusnya terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitan yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa dengan penggunaan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan mengikuti perencanaan yang telah sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. Selain itu model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan sikap peduli, percaya diri, keterampilan dan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil yang diperoleh oleh dari setiap siklusnya: pertama, adanya peningkatan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (siklus I 85.00%, siklus II 93,75%, siklus III 97,5%) kedua, peningkatan pelaksanaan pembelajaran (siklus I 72,4%, siklus II 77,3%, sikluss III 79,4%) ketiga, peningkatan sikap peduli (siklus I 61,16% siklus II 70,8% siklus III 82,6%) keempat, peningkatkan sikap percaya diri (siklus I 61,16%, siklus II 78,4%, siklus III 82,6%) kelima, penilaian keterampilan (siklus I 67,8%, siklus II 82,52%, siklus III 87,64%) keenam, adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Project Based Learning dan Hasil Belajar