Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada tema 1 indahnya kebersamaan subtema 2 kebersamaan dalam keberagaman. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri 2 Rajamandala Kulon Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Rajamandala Kulon dengan jumlah 106 siswa, sedangkan subjek pada penelitian ini sebanyak 71 siswa yakni kelas IVA dengan jumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik Simple Random Sampling atau memilih sampel secara acak pada siswa kelas IV. Instrumen yang digunakan adalah test hasil belajar siswa yang terdiri dari 20 butir soal dengan bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji regresi sederhana, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 10,80 dan ttabel sebesar 2,035 pada taraf signifikan 5%. Hasil perhitungan tersebut menunjukan bahwa thitung > ttabel yakni 10,80 > 2,035, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Hasil Belajar.