Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meningkatkan Hasil Belajar peserta didik melalui model pembelajaran Mind Mapping pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi dan Subtema 2 Manfaat Energi dengan pelaksanaan penelitian pada kelas IV SDN Bugel 01 Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang peserta didik memiliki hasil belajar yang masih rendah yaitu 52% dari 52 peserta didik masih belum mencapai KKM. Dengan model pembelajatan mind mapping dapat memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk aktif di dalam pembelajaran, memberikan rangsangan untuk berpikir kreatif, dan dapat mudah memahami pembelajaran dengan penyajian materi yang menarik.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Pengambilan data melalui Observasi, tes dan dokumentasi. Tes yang digunakan berupa pretest sebelum dilakukannya pembelajaran dan posttest untuk mengambil data hasil belajar setelah diberikan perlakuan. Populasi yang digunakan yaitu kelas VA yang berjumlah 27 peserta didik sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Mind Mapping dan kelas VB yang berjumlah 25 peserta didik sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran Konvensional. Teknik pengolahan data yang dilakukan menggunakan Uji Normalitas, Linearitas, dan Regresi Linear Sederhana. Hasil data dalam penelitian ini terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk kelas eksperimen nilai signifikansi melalui Uji Regresi Linear Sederhana di dapat Thitung > Ttabel yaitu 4,793 > 2,160 Sedangkan untuk kelas kontrol didapat hasil signifikansi Thitung < Ttabel 0,448 < 2,160. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping berpengaruh terhadap Hasil Belajar peserta didik. Kata Kunci : Model Pembelajaran Mind Mapping, Hasil Belajar Peserta Didik