STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS BADAN PENGATUR KEGIATAN HILIR MINYAK DAN GAS BUMI (BPH MIGAS)
Main Author: | Dinda Bestari, 152050291 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/45434/1/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/45434/2/ABSTRAK%203BAHASA.pdf http://repository.unpas.ac.id/45434/2/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/45434/3/Lembar%20Persetujuan.pdf http://repository.unpas.ac.id/45434/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/45434/4/COVER.pdf http://repository.unpas.ac.id/45434/ |
Daftar Isi:
- Strategi komunikasi merupakan hal penting yang harus dapat dilakukan oleh seorang humas dalam melakukan penyebarluasan informasi. Seorang humas membuat strategi komunikasi agar informasi dapat tersebar secara luas dan merata kepada internal maupun eksternal. Program BBM Satu Harga merupakan program pemerintah yang dilaksanakan oleh BPH Migas guna mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Program ini memiliki banyak informasi yang harus diketahui utamanya oleh internal BPH Migas itu sendiri. Maka dari itu, Humas BPH Migas melakukan penyebarluasan informasi secara internal melalui berbagai strategi komunikasi. Penyebarluasan informasi untuk internal dilakukan guna untuk mengurangi ketidakjelasan informasi. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana strategi komunikasi Humas BPH Migas dalam Program BBM Satu Harga?”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui informations, planning, dan collaboration activities yang dilakukan oleh Humas BPH Migas dalam melakukan penyebarluasan mengenai program kepada internal BPH Migas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan Teori Informasi Organisasi dari karl Weick. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, dokumentasi dan kajian pustaka. Penelitian ini dilakukan di kantor BPH Migas yang berada di Jakarta, dengan subjek penelitian Humas BPH Migas. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa kinerja Humas BPH Migas dalam melakukan penyebarluasan informasi secara internal sudah cukup baik. Humas BPH Migas menggunakan berbagai strategi untuk melakukan komunikasi dengan berbagai pihak internal agar informasi dapat tersebar secara merata. Informasi yang didapatkan oleh pihak internal merupakan informasi yang sudah diolah terlebih dahulu oleh Humas BPH Migas. Hal itu dilakukan guna mengurangi ketidakjelasan informasi.