PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Solokanjeruk 05 Kelas V Kecamatan Solokanjeruk Kabupaten Bandung)
Daftar Isi:
- Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada subtema Manusia dan Lingkungan pada peserta didik kelas V SDN Solokanjeruk 05 dengan menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini didasari temuan dalam kegiatan observasi pembelajaran yaitu pembelajaran masih satu arah dan kurang melibatkan peserta didik, sehingga peserta didik ku rang memiliki rasa percaya diri. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Selain meningkatkan hasil belajar model Problem Based Learning juga dapat meningkatkan rasa percaya diri pada setiap siklusnya. Untuk hasil belajar siklus I sebesar 61%, siklus II sebesar 72%, dan siklus III sebesar 82%. Nilai rata-rata yang diperoleh setiap siklus mengalami peningkatan, siklus I sebesar 65, siklus II sebesar 73, dan siklus III sebesar 77. serta peningkatan rasa p ercaya diri setiap siklusnya, mulai dari siklus I sebesar 56%, siklus II sebesar 72%, dan siklus III sebesar 85%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan mulai dari siklus I sebesar 67, siklusi II sebesar 74, dan siklusi III sebesar 78. Berdasar kan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar dan percaya diri peserta didik kelas V pada subtema Manusia dan Lingkungan. Kata Kunci: Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar