Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran seberapa besar pengarauh kompetensi pedagogik yang dimiliki guru terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik, yaitu merode penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan data yang bersifak aktual dan dilanjutkan dengan menganalisis data tersebut untuk mencarari pengaruh antara variabel yang satu dengan variabel yang lainnya sehingga menghasilka data yang sebagian berupa angka-angka dan dari hasil hasil belajar tersebut dapat digunakan sebagai suatu kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teknik penyebaran angket, wawancara dan studi dokumenter dengan jumlah populasi 18 guru atau seluruh guru kelas yang ada di sd tersebut. Hasil penelitian yang dilaksanakan di SDN Karanganyar, SDN Agus Salim, SDN Kian Santang memperoleh data nilai akhir pedagogik guru dengan nilai tertinggi 79 dan nilai terendah 72 dengan rata-rata 75 serta nilai rata-rata rapor sebesar 75 dan dikatakan dalam kategori baik. Data tersebut dianalaisis kembail dengan regresi linier sederhana yang menghasilkan data sig sebesar 0,02 < 0,05 dari taraf signifikan, yang artinya ada pengaruh kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa. Hal ini menunjukan apabila semakin tinggi nilai kompetensi pedagogik guru, maka semakain tinggi pula hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Kata kunci: Kompetensi pedagogik, hasil belajar