PENGARUH MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SDN CIPANGERAN (Penelitian Quasi Eksperimen di SD Negeri Cipangeran Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat)
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan yang dilakukan di kelas III SDN Cipangeran yang menunjukkan kurangnya motivasi belajar siswa. Salah satu penyebab kurangnya motivasi belajar yaitu penggunaan metode pembelajaran yang kurang efektif. Metode yang digunakan masih menggunakan metode ceramah, sehingga siswa menjadi pasif. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model example non example terhadap motivasi belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar adalah model example non example. Model pembelajaran example non example merupakan inovasi pembelajaran yang dirancang untuk membantu siswa memahami materi secara mendalam dengan bantuan contoh gambar-gambar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group. Dengan populasi seluruh siswa kelas III SDN Cipangeran dan sampel yang diambil yaitu kelas IIIA sebagai kelas ekperimen dua puluh lima orang, kelas IIIB sebagai kelas kontrol dua puluh lima orang. Pengambilan data melalui observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengetahui tingkat motivasi siswa dalam belajar dengan menggunakan media gambar (kelas eksperimen) dan kelas yang tidak menggunakan media (kelas kontrol) sedangkan tes yang digunakan berupa pre test dan post test untuk mengambil data hasil belajar. Teknik pengolahan data yang dilakukan untuk menguji angket yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji regresi dan uji determinasi. Sedangkan untuk menguji hasil nilai soal menggunakan uji N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil analisis pada penelitian ini yaitu adanya pengaruh model example non example terhadap motivasi belajar siswa, besarnya pengaruh sebesar 32,9% dan terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model example non example dapat meningkatkan motivasi belajar. Kata kunci : model example non example, motivasi belajar, Sekolah Dasar