PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN 012 Babakan Ciparay Bandung)
ctrlnum |
45368 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/45368/</relation><title>PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK 
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA 
ORGAN GERAK HEWAN
(Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN 012 Babakan Ciparay Bandung)</title><creator>Dikdik Gilang Ramadhan, 155060171</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar pada 
siswa kelas V SDN 012 Babakan Ciparay Bandung. Hal ini didasarkan pada 
penggunaan model pembelajaran yang masih konvensional dengan metode yang 
kurang bervariasi sehingga dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa karena 
siswa tidak terlibat aktif dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan 
penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema organ gerak 
hewan di kelas V SDN 012 Babakan CIparay Bandung dengan menggunakan model 
discovery learning. Penelitian yang digunakan dalam pelaksanaannya yaitu 
menggunakan Penlitian Tindakan Kelas (PTK) model Riel. Subjek dalam penelitian ini 
yaitu siswa kelas V SDN 012 Babakan Ciparay Bandung Tahun Ajaran 2019/2020 
dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tiga siklus 
dan tiap masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Teknik pengumpulan data 
dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes, serta alat pengumpulan data 
yang digunakan yaitu lembar tes terdiri dari lembar soal pretest dan posttest, lembar 
non tes terdiri dari lembar observasi sikap rasa ingin tahu, percaya diri, dan 
keterampilan siswa, lembar observasi kegiatan guru dan siswa selama proses kegiatan 
belajar mengajar. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model 
pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat 
dilihat dari adanya peningkatan tiap siklusnya dari hasil belajar siswa, sikap rasa ingin 
tahu, sikap percaya diri, dan keterampilan siswa. Pada penilaian hasil belajar siklus I 
27,5% siswa dinyatakan tuntas, siklus II 65%, serta siklus III 95% siswa yang tuntas. 
Pada penilaian sikap rasa ingin tahu siklus I 30%, siklus II 65%, dan siklus III 92%. 
Pada penliaian sikap percaya diri siklus I 32% siswa dinyatakan tuntas, siklus II 62,5%, 
dan siklus III 87% siswa dinyatakan tuntas. Serta pada aspek keterampilan siklus I 
30%, siklus II 67%, dan siklus III 85%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut 
menunjukan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil 
belajar siswa kelas V SDN 012 Babakan Ciparay Kota Bandung pada subtema Organ 
Gerak Hewan.
Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas</description><date>2019-10-05</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45368/59/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45368/60/LEMBAR%20PENGESAHAN%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45368/1/ABSTRAK%20BAHASA%20INDONESIA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45368/2/ABSTRAK%20BAHASA%20INGGRIS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45368/3/ABSTRAK%20BASA%20SUNDA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45368/61/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45368/61/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45368/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45368/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45368/7/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45368/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Dikdik Gilang Ramadhan, 155060171 (2019) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN 012 Babakan Ciparay Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><relation>http://fkip.unpas.ac.id/</relation><recordID>45368</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Dikdik Gilang Ramadhan, 155060171 |
title |
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA
ORGAN GERAK HEWAN
(Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN 012 Babakan Ciparay Bandung) |
publishDate |
2019 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/45368/59/COVER.pdf http://repository.unpas.ac.id/45368/60/LEMBAR%20PENGESAHAN%20SKRIPSI.pdf http://repository.unpas.ac.id/45368/1/ABSTRAK%20BAHASA%20INDONESIA.pdf http://repository.unpas.ac.id/45368/2/ABSTRAK%20BAHASA%20INGGRIS.pdf http://repository.unpas.ac.id/45368/3/ABSTRAK%20BASA%20SUNDA.pdf http://repository.unpas.ac.id/45368/61/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/45368/61/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/45368/4/BAB%20III.pdf http://repository.unpas.ac.id/45368/5/BAB%20IV.pdf http://repository.unpas.ac.id/45368/7/BAB%20V.pdf http://repository.unpas.ac.id/45368/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unpas.ac.id/45368/ http://fkip.unpas.ac.id/ |
contents |
Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar pada
siswa kelas V SDN 012 Babakan Ciparay Bandung. Hal ini didasarkan pada
penggunaan model pembelajaran yang masih konvensional dengan metode yang
kurang bervariasi sehingga dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa karena
siswa tidak terlibat aktif dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan
penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema organ gerak
hewan di kelas V SDN 012 Babakan CIparay Bandung dengan menggunakan model
discovery learning. Penelitian yang digunakan dalam pelaksanaannya yaitu
menggunakan Penlitian Tindakan Kelas (PTK) model Riel. Subjek dalam penelitian ini
yaitu siswa kelas V SDN 012 Babakan Ciparay Bandung Tahun Ajaran 2019/2020
dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tiga siklus
dan tiap masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes, serta alat pengumpulan data
yang digunakan yaitu lembar tes terdiri dari lembar soal pretest dan posttest, lembar
non tes terdiri dari lembar observasi sikap rasa ingin tahu, percaya diri, dan
keterampilan siswa, lembar observasi kegiatan guru dan siswa selama proses kegiatan
belajar mengajar. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model
pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat
dilihat dari adanya peningkatan tiap siklusnya dari hasil belajar siswa, sikap rasa ingin
tahu, sikap percaya diri, dan keterampilan siswa. Pada penilaian hasil belajar siklus I
27,5% siswa dinyatakan tuntas, siklus II 65%, serta siklus III 95% siswa yang tuntas.
Pada penilaian sikap rasa ingin tahu siklus I 30%, siklus II 65%, dan siklus III 92%.
Pada penliaian sikap percaya diri siklus I 32% siswa dinyatakan tuntas, siklus II 62,5%,
dan siklus III 87% siswa dinyatakan tuntas. Serta pada aspek keterampilan siklus I
30%, siklus II 67%, dan siklus III 85%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut
menunjukan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas V SDN 012 Babakan Ciparay Kota Bandung pada subtema Organ
Gerak Hewan.
Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas |
id |
IOS3183.45368 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2019-10-12T01:45:53Z |
last_indexed |
2019-10-12T01:45:53Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766045092777295872 |
score |
17.538404 |