Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa Kelas IV SDN di Gugus Cipagalo Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung. Peneliti menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitiannya Korelasional. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kurangnya motivasi belajar dan hasil belajar siswa yang masih rendah. Penelitian yang menggunakan sampel sebanyak 90 siswa. Data yang di peroleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Dari 35 butir soal yang di uji coba terdapat 3 soal yang tidak valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0,851 dan menggunakan teknik analisis data berupa korelasi Product Moment. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa antara motivasi belajar siswa di kelas IV SDN di Gugus Cipagalo Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 78,42 yang diperoleh dari nilai angket motivasi belajar. Dan hasil belajar yang di peroleh di kelas IV SDN di Gugus Cipagalo Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 79,42 yang diperoleh dari nilai ulangan harian. Dari penelitian tersebut terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar yang dilakukan di kelas IV SDN di Gugus Cipagalo Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung dapat dilihat dari nilai rhitung lebih besar dari rtabel sebesar (0,756>0,361) dan nilai signifikansi sebesar 0,02 yang berarti kurang dari 0,05 (0.02<0,05). Kata Kunci : Motivasi Belajar, Hasil Belajar