PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD (Kuasi Eksperimen di kelas IV SD Negeri 024 Coblong Kota Bandung Tahun Pelajaran 2019/2020)
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) berbantuan media video terhadap hasil belajar. Dengan bertujuan bahwa model problem based learning bisa mempengaruhi secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dengan bantuan media video dalam memudahkan peserta didik untuk memahami masalah pada pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan metode penelitian kuasi eksperimen, adapun desainnya yaitu non equuivalen groups (pretest-posttest). Pada desain ini terdapat dua kelas penelitian yaitu kelas IVB sebagai Kelas Eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol dengan populasi SDN 024 Coblong Kota Bandung. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal pretest-posttest, dan tehnik analisis data penelitian menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini diketahui bahwa model problem based learning berbantuan media video berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 024 Coblong. Hasil pretest pada kelas eksperimen dan kontrol, didapatkan nilai yang masih di bawah rata-rata. Kemudian hasil postetst kelas eksperimen diuji dengan regeresi linear sederhana diketahui bahwa model problem based learning (PBL) berbantuan media video memiliki pengaruh sebesar 63.2% terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: problem based learning, media video, hasil belajar.