Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah peserta didik memiliki motivasi yang rendah dalam belajar dan proses pembelajaran hanya bersifat konvensional, kegiatan belajar mengajar masih terfokuskan pada pendidik sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scrambel terhadap motivasi belajar dalam upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di dalam kelas yang dilihat berdasarkan sikap bertanggung jawab dan disiplin. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Quasi eksperimen jenis Nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan seluruh peserta didik kelas III SD Negeri Asmi 033 Bandung dengan sampel kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dan IIIB sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 30 orang. Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai prettest pada kelas eksperimen adalah 72,43 dan rata-rata nilai prettest pada kelas kontrol adalah 72,83. Sedangkan untuk rata-rata posttest kelas eksperimen 81,66 dan rata-rata nilai posttest kelas kontrol adalah 75,36. Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil dari persamaan uji regresi sederhana sebesar 0,571 bahwa adanya pengaruh positif model pembelajaran scramble terhadap motivasi belajar dan dari perhitungan R square sebesar 0,250 atau 25% artinya model pembelajaran scrambel memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap motivasi pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran scrambel, maka dapat disimpulkan bahwa yang lebih berpengaruh yaitu dengan menggunakan model pembelajaran scrambel dibandingkan metode konvensional yaitu dengan ceramah. Kata Kunci : Model Pembelajaran Scramble, Motivasi Belajar, Subtema Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup.