Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik antara model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match dengan metode ekspositori pada peserta didik kelas IV SD Negeri 145 Binong jati. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang umumnya masih rendah karena memakai pembelajaran yang konvensional, sedangkan model-model pembelajaran lain khususnya model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match belum pernah dilaksanakan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 145 Binong Jati dengan jumlah 90 peserta didik yang terbagi kedalam 3 kelas, dengan sampel sebanyak 20 peserta didik untuk kelas eksperimen yaitu kelas IV A menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match dan 20 peserta didik untuk kelas kontrol yaitu kelas IV C menggunakan metode Ekspositori. Pengambilan sampel purposive yaitu dengan mengambil sampel hasil rata-rata tes awal yang sama yaitu diperoleh hasil rata-rata pretest 55,25 dan 55. Berdasarkan hasil data dari uji t sikap tanggung jawab dan percaya diri menunjukan nilai sig. (2 tailed) 0,000 < 0,05, uji t pada keterampilan menunjukan nilai sig. (2 tailed) 0,004 < 0,05 dan pada post-test menunjukan hasil sig. (2 tailed) 0,002 < 0,005 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dari hasil analisis data uji t, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match dengan metode Ekspositori pada peserta didik kelas IV SD Negeri 145 Binong Jati. Kata Kunci: Hasil Belajar, Kooperatif tipe Make A Match, Ekspositori