PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK (Penelitian Quasi Experiment Pada Kelas V SD Negeri Jagabaya 2 Dalam Pembelajaran Tematik Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 1 Organ Gerak Hewan)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Jagabaya 2 dalam pembelajaran tematik tema 1 organ gerak hewan dan manusia subtema 1 organ gerak hewan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan menggunakan jenis desain penelitian pretest-posttest control desgin. Sample penelitian ini adalah peserta didik kelas VA yang berjumlah 25 orang dan kelas VB yang berjumlah 25 orang. Hasil analisis data diproleh nilai Sig. sebesar 0.00 pada hasil uji regreso\i linier sederhana, maka dinyatakan jawaban dari rumusan masalah yang di ajukan dalam penelitian ini terdapat perngaruh signifikan dan Hipotesis yang diajukan diterima. Pada jawaban rumusan masalah ke dua dinyatakan besaran pengaruh sebesar 0.769 dengan presentase besaran pengaruh dari model pembeajaran Problem Based Learning, didapat sebesar 76.5%. Kata Kunci : Problem based learning, Hasil belajar