PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP MINAT SISWA BELAJAR EKONOMI DI KELAS XI IPS SMAN 1 BANTARUJEG
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang peran guru professional untuk meningkatkan minat siswa belajar ekonomi. Tujuan dari skripsi ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peran guru professional pada saat proses pembelajaran, untuk mengetahui bagimana gambaran minat siswa untuk belajar dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh profesionalisme guru terhadap minat siswa belajar ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bantarujeg. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu profesionalisme sebagai variabel X dan minat siswa belajar sebagai variabel Y. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 1&2 SMAN 1 Bantarujeg dengan jumlah kelas XI IPS 1 sebanyak 26 siswa dan XI IPS 2 sebanyak 27 siswa, total 53 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil angket diperoleh kemudian di deskripsikan setiap itemnya dengan deskriptif persentase dan dianalisis regresi sederhana menggunakan program IBM SPSS Statistics Version 25.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa Profesionaisme guru berpengaruh terhadap minat belajar siswa, berdasarkan data yang diolah dan dihitung hasil menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara profesionalisme guru terhadap minat belajar siswa. Hal itu dapat dilihat dari nilai signifikansi variabel X (profesionalisme guru) terhadap variabel Y (minat belajar siswa) adalah 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 dan nilai T hitung sebesar 10,667 yang lebih besar dari nilai T tabel yaitu 2,0076. Hasil regresi variabel X terhadap variabel Y dapat diperoleh persamaan regresi yaitu Y = -2,275 + 1,018X Hal ini menunjukan bahwa jika nilai profesionalisme guru (variabel X) meningkat sebesar 1 satuan maka minat belajar siswa (Variabel Y) akan meningkat sebesar 0,108. Koefisien korelasi atau angka hubungan antara variabel X terhadap variabel Y sebesar 0,831 atau 83,1%. Besarnya kontribusi yang diberikan oleh variabel profesionalisme bisa dilihat dari angka pada R Square yaitu sebesar 0,690, yang memiliki arti bahwa profesionalisme guru berpengaruh terhadap minat belajar sebesar 69%. Dengan kata lain Profesionalisme guru “cukup” berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Sementara 31% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian yang dilakukan. Kata kunci : Profesionalisme Guru, Minat Belajar