IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE TALKING CHIPS MENGGUNAKAN APLIKASI FACEBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP VIRUS
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran cooperative type talking chips menggunakan media aplikasi facebook dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada konsep virus. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X MIPA C dengan jumlah peserta didik 32 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre-eksperiment dengan menggunakan desain penelitian one-group pretest-posttest. Penelitian ini di uji dengan statistik non parametrik menggunakan uji wilcoxon pada taraf signifikasi < 0,05, signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai rata-rata dari hasil pretest yaitu sebesar 39,16 dan nilai rata-rata posttest yaitu sebesar 67,38. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative tipe talking chips dengan menggunakan aplikasi facebook dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada konsep virus, hal ini disebabakan karena tahapan sintak cooperative learning seperti menyampaian tujuan, menyajikan informasi, mengorganisasi peserta didik, membimbing kelompok, mengevaluasi, dan memberikan penghargaan, dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi facebook dapat meningkatkan aspek kognitif pada jenjang knowledge, comprehension, application, dan analysis sehingga nilai rata-rata hasil posttest lebih besar dari hasil pretest. Kata Kunci : (1) Pembelajaran Cooperative type Talking Chips; (2) Aplikasi Facebook; dan (3) Hasil Belajar.