PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK (Penelitian Tindakan Kelas Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman pada Peserta Didik Kelas IV di SD ASSALAAM Bandung)
ctrlnum |
45301 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/45301/</relation><title>PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK
MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR
PEMBELAJARAN TEMATIK
(Penelitian Tindakan Kelas Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Kebersamaan 
dalam Keberagaman pada Peserta Didik Kelas IV di SD ASSALAAM Bandung)</title><creator>RIMA DINAR TIARASARI, 155060066</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian ini dilator belakangi hasil observasi awal pada Kelas IV salah satu SD 
di Kecamatan Lengkong Kabupaten Bandung. Terdapat masalah pada proses 
pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya rasa percaya diri dan hasil 
belajar. Karena pembelajaran masih berfokus pada metode ceramah dan belum 
menggunakan model yang melibatkan peserta didik secara aktif. Tujuan yang 
hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Model 
Discovery Learning dapat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar pada 
subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Subjek dalam penelitian ini yaitu 
siswa kelas IV A yang berjumlah 21 siswa pada tahun 2019/2020. Metode 
penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan 
oleh Kemmis dan Mc. Taggart (dalam Dadang Iskandar dan Narsim, 2015:1). 
Penelitian ini dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. 
Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Data hasil penelitian 
menunjukkan bahwa pada siklus I, peseta didik yang menunujukkan rasa percaya 
diri mencapai 28,57% dan hasil belajar mencapai 33,33%. Pada siklus II peserta 
didik yang menunujukkan rasa percaya diri mencapai 71,42% dan hasil be lajar 
mencapai 71,42%. Dan pada siklus III peserta didik yang menunjukkan rasa 
percaya diri mencapai 90,47% dan hasil belajar mencapai 85,71%. Berdasarkan 
hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat 
meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar pada subtema Kebersamaan 
dalam Keberagaman. Model discovery learning ini direkomendasikan bagi guru 
SD untuk diimplementasikan karena terbukti dari penlitian ini bahwa model 
discovery learning mampu meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar serta 
efektif dan menyenangkan sehingga peserta didik lebih aktif dan kreatif dalam 
pembelajaran. 
Kata kunci: Discovery Learning, Rasa Peracaya Diri, Hasil Belajar.</description><date>2019-10-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45301/8/COVER%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45301/10/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45301/1/ABSTRAK%20INDO.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45301/2/ABSTRAK%20INGGRIS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45301/3/ABSTRAK%20SUNDA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45301/2/BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45301/5/BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45301/4/BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45301/6/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45301/7/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45301/9/DAFTAR%20PUSTAKA%20SKRIPSI.pdf</identifier><identifier> RIMA DINAR TIARASARI, 155060066 (2019) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK (Penelitian Tindakan Kelas Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman pada Peserta Didik Kelas IV di SD ASSALAAM Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><relation>http://fkip.unpas.ac.id/</relation><recordID>45301</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
RIMA DINAR TIARASARI, 155060066 |
title |
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK
MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR
PEMBELAJARAN TEMATIK
(Penelitian Tindakan Kelas Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Kebersamaan
dalam Keberagaman pada Peserta Didik Kelas IV di SD ASSALAAM Bandung) |
publishDate |
2019 |
topic |
S1-Skripsi |
url |
http://repository.unpas.ac.id/45301/8/COVER%20SKRIPSI.pdf http://repository.unpas.ac.id/45301/10/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf http://repository.unpas.ac.id/45301/1/ABSTRAK%20INDO.pdf http://repository.unpas.ac.id/45301/2/ABSTRAK%20INGGRIS.pdf http://repository.unpas.ac.id/45301/3/ABSTRAK%20SUNDA.pdf http://repository.unpas.ac.id/45301/2/BAB%201.pdf http://repository.unpas.ac.id/45301/5/BAB%202.pdf http://repository.unpas.ac.id/45301/4/BAB%203.pdf http://repository.unpas.ac.id/45301/6/BAB%20IV.pdf http://repository.unpas.ac.id/45301/7/BAB%20V.pdf http://repository.unpas.ac.id/45301/9/DAFTAR%20PUSTAKA%20SKRIPSI.pdf http://repository.unpas.ac.id/45301/ http://fkip.unpas.ac.id/ |
contents |
Penelitian ini dilator belakangi hasil observasi awal pada Kelas IV salah satu SD
di Kecamatan Lengkong Kabupaten Bandung. Terdapat masalah pada proses
pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya rasa percaya diri dan hasil
belajar. Karena pembelajaran masih berfokus pada metode ceramah dan belum
menggunakan model yang melibatkan peserta didik secara aktif. Tujuan yang
hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Model
Discovery Learning dapat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar pada
subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Subjek dalam penelitian ini yaitu
siswa kelas IV A yang berjumlah 21 siswa pada tahun 2019/2020. Metode
penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan
oleh Kemmis dan Mc. Taggart (dalam Dadang Iskandar dan Narsim, 2015:1).
Penelitian ini dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Data hasil penelitian
menunjukkan bahwa pada siklus I, peseta didik yang menunujukkan rasa percaya
diri mencapai 28,57% dan hasil belajar mencapai 33,33%. Pada siklus II peserta
didik yang menunujukkan rasa percaya diri mencapai 71,42% dan hasil be lajar
mencapai 71,42%. Dan pada siklus III peserta didik yang menunjukkan rasa
percaya diri mencapai 90,47% dan hasil belajar mencapai 85,71%. Berdasarkan
hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat
meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar pada subtema Kebersamaan
dalam Keberagaman. Model discovery learning ini direkomendasikan bagi guru
SD untuk diimplementasikan karena terbukti dari penlitian ini bahwa model
discovery learning mampu meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar serta
efektif dan menyenangkan sehingga peserta didik lebih aktif dan kreatif dalam
pembelajaran.
Kata kunci: Discovery Learning, Rasa Peracaya Diri, Hasil Belajar. |
id |
IOS3183.45301 |
institution |
Universitas Pasundan |
institution_id |
127 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Pasundan |
library_id |
310 |
collection |
Digital Library Universitas Pasundan Bandung |
repository_id |
3183 |
subject_area |
Pendidikan Sosial dan Budaya Teknologi Pangan |
city |
BANDUNG |
province |
JAWA BARAT |
repoId |
IOS3183 |
first_indexed |
2019-10-12T01:45:49Z |
last_indexed |
2019-10-12T01:45:49Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766045092546609152 |
score |
17.538404 |