ctrlnum 45301
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpas.ac.id/45301/</relation><title>PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK&#xD; MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR&#xD; PEMBELAJARAN TEMATIK&#xD; (Penelitian Tindakan Kelas Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Kebersamaan &#xD; dalam Keberagaman pada Peserta Didik Kelas IV di SD ASSALAAM Bandung)</title><creator>RIMA DINAR TIARASARI, 155060066</creator><subject>S1-Skripsi</subject><description>Penelitian ini dilator belakangi hasil observasi awal pada Kelas IV salah satu SD &#xD; di Kecamatan Lengkong Kabupaten Bandung. Terdapat masalah pada proses &#xD; pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya rasa percaya diri dan hasil &#xD; belajar. Karena pembelajaran masih berfokus pada metode ceramah dan belum &#xD; menggunakan model yang melibatkan peserta didik secara aktif. Tujuan yang &#xD; hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Model &#xD; Discovery Learning dapat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar pada &#xD; subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Subjek dalam penelitian ini yaitu &#xD; siswa kelas IV A yang berjumlah 21 siswa pada tahun 2019/2020. Metode &#xD; penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan &#xD; oleh Kemmis dan Mc. Taggart (dalam Dadang Iskandar dan Narsim, 2015:1). &#xD; Penelitian ini dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. &#xD; Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Data hasil penelitian &#xD; menunjukkan bahwa pada siklus I, peseta didik yang menunujukkan rasa percaya &#xD; diri mencapai 28,57% dan hasil belajar mencapai 33,33%. Pada siklus II peserta &#xD; didik yang menunujukkan rasa percaya diri mencapai 71,42% dan hasil be lajar &#xD; mencapai 71,42%. Dan pada siklus III peserta didik yang menunjukkan rasa &#xD; percaya diri mencapai 90,47% dan hasil belajar mencapai 85,71%. Berdasarkan &#xD; hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat &#xD; meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar pada subtema Kebersamaan &#xD; dalam Keberagaman. Model discovery learning ini direkomendasikan bagi guru &#xD; SD untuk diimplementasikan karena terbukti dari penlitian ini bahwa model &#xD; discovery learning mampu meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar serta &#xD; efektif dan menyenangkan sehingga peserta didik lebih aktif dan kreatif dalam &#xD; pembelajaran. &#xD; Kata kunci: Discovery Learning, Rasa Peracaya Diri, Hasil Belajar.</description><date>2019-10-04</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45301/8/COVER%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45301/10/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45301/1/ABSTRAK%20INDO.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45301/2/ABSTRAK%20INGGRIS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45301/3/ABSTRAK%20SUNDA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45301/2/BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45301/5/BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45301/4/BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45301/6/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45301/7/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpas.ac.id/45301/9/DAFTAR%20PUSTAKA%20SKRIPSI.pdf</identifier><identifier> RIMA DINAR TIARASARI, 155060066 (2019) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK (Penelitian Tindakan Kelas Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman pada Peserta Didik Kelas IV di SD ASSALAAM Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS. </identifier><relation>http://fkip.unpas.ac.id/</relation><recordID>45301</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author RIMA DINAR TIARASARI, 155060066
title PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK (Penelitian Tindakan Kelas Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman pada Peserta Didik Kelas IV di SD ASSALAAM Bandung)
publishDate 2019
topic S1-Skripsi
url http://repository.unpas.ac.id/45301/8/COVER%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unpas.ac.id/45301/10/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://repository.unpas.ac.id/45301/1/ABSTRAK%20INDO.pdf
http://repository.unpas.ac.id/45301/2/ABSTRAK%20INGGRIS.pdf
http://repository.unpas.ac.id/45301/3/ABSTRAK%20SUNDA.pdf
http://repository.unpas.ac.id/45301/2/BAB%201.pdf
http://repository.unpas.ac.id/45301/5/BAB%202.pdf
http://repository.unpas.ac.id/45301/4/BAB%203.pdf
http://repository.unpas.ac.id/45301/6/BAB%20IV.pdf
http://repository.unpas.ac.id/45301/7/BAB%20V.pdf
http://repository.unpas.ac.id/45301/9/DAFTAR%20PUSTAKA%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unpas.ac.id/45301/
http://fkip.unpas.ac.id/
contents Penelitian ini dilator belakangi hasil observasi awal pada Kelas IV salah satu SD di Kecamatan Lengkong Kabupaten Bandung. Terdapat masalah pada proses pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya rasa percaya diri dan hasil belajar. Karena pembelajaran masih berfokus pada metode ceramah dan belum menggunakan model yang melibatkan peserta didik secara aktif. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Model Discovery Learning dapat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV A yang berjumlah 21 siswa pada tahun 2019/2020. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart (dalam Dadang Iskandar dan Narsim, 2015:1). Penelitian ini dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, peseta didik yang menunujukkan rasa percaya diri mencapai 28,57% dan hasil belajar mencapai 33,33%. Pada siklus II peserta didik yang menunujukkan rasa percaya diri mencapai 71,42% dan hasil be lajar mencapai 71,42%. Dan pada siklus III peserta didik yang menunjukkan rasa percaya diri mencapai 90,47% dan hasil belajar mencapai 85,71%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Model discovery learning ini direkomendasikan bagi guru SD untuk diimplementasikan karena terbukti dari penlitian ini bahwa model discovery learning mampu meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar serta efektif dan menyenangkan sehingga peserta didik lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran. Kata kunci: Discovery Learning, Rasa Peracaya Diri, Hasil Belajar.
id IOS3183.45301
institution Universitas Pasundan
institution_id 127
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Pasundan
library_id 310
collection Digital Library Universitas Pasundan Bandung
repository_id 3183
subject_area Pendidikan
Sosial dan Budaya
Teknologi Pangan
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS3183
first_indexed 2019-10-12T01:45:49Z
last_indexed 2019-10-12T01:45:49Z
recordtype dc
_version_ 1766045092546609152
score 17.538404