Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional; (2) mengetahui Self Efficacy siswa yang memperoleh model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) mengetahui efektifitas model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan Self Efficacy. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode eksperimen dengan desain penelitian eksperimen kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Bandung tahun ajaran 2019/2020. Diperoleh kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan perlakuan pembelajaran konvensional dalam hal ini model pembelajaran ekspositori. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. (2) Self efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Pembelajaran dengan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Self- efficacy.