Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi peserta didik dengan melalui metode Outdoor Study pada topik ragam budaya, serta mengetahui pengaruh dari penggunaan metode outdoor study terhadap motivasi peserta didik. penelitian ini dilakukan di SD Negeri Cibalongsari IV Tahun Ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan jenis nonequivalent control grup desain. Subjek penelitian ini berjumlah 56 peserta didik, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling pada kelas IV. Instrumen pengumpulan data menggunakan questioner/angket dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa metode outdoor study berpengaruh terhadap motivasi peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil Koefisien Determinasi yang membuktikan bersarnya pengaruh motivasi peserta didik dengan menggunakan metode konvensional sebesar 0,280. sedangkan besarnya pengaruh motivasi peserta didik dengan menggunakan metode outdoor study sebesar 0,572. Berdasarkan perhitungan diperoleh bahwa nilai hasil uji regresi pada kelas eksperimen lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 yaitu 0,000 sehingga terdapat pengaruh penggunaan metode outdoor study terhadap motivasi peserta didik kelas IV. Kata kunci: Metode outdoor study, Motivasi