PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI APOTEK TELKOMEDIKA (Survey pada Pelanggan Apotek Telkomedika Cabang Sentot Alibasyah Bandung)
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan di apotek Telkomedika cabang Sentot Alibasyah Bandung baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif dengan jumlah sampel 89 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan menyebarkan kuisioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, korelasi berganda, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan, harga dan loyalitas pelanggan berada pada kategori kurang baik. Secara parsial harga lebih besar pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan yaitu sebesar 53,2%. Sedangkan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan yaitu sebesar 31,3%. Sehingga didapatkan pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan sebesar 84,5%. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Harga dan Loyalitas Pelanggan