PENERAPAN MODEL BRAIN BASED LEARNING (BBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pencapaian peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model Brain Based Learning (BBL) lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (2) mengetahui self-efficacy siswa yang memperoleh model Brain Based Learning (BBL) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; (3) mengetahui efektivitas model Brain Based Learning (BBL) untuk kemampuan komunikasi matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi-eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Bandung tahun ajaran 2019/2020. Untuk sampel penelitian diambil sebanyak dua kelas, diperoleh kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) dan kelas VIII J sebagai kelas kontrol dengan perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari instrumen tes dan instrumen non-tes. Analisis data dengan menggunakan bantuan software IBM Statistical Product and Service Solution (SPSS) 20.0 for Window dan rumus cohen’s d untuk melihat efektivitas. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model Brain Based Learning (BBL) lebih tinggi secara signifikan daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) Self-efficacy siswa yang memperoleh model Brain Based Learning (BBL) lebih baik daripada self-efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) Efektivitas model Brain Based Learning (BBL) untuk kemampuan komunikasi matematis siswa tergolong ke dalam kategori besar. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Brain Based Learning (BBL), dan Self-efficacy