PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL-ELICITING ACTIVITIES (MEAs)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Model-Eliciting Activities (MEAs) lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa, 2) Mengetahui apakah disposisi matematis siswa yang memperoleh Model-Eliciting Activities (MEAs) lebuh baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, 3) Mengetahui nilai efektifitas model pembelajaran Model-Eliciting Activities (MEAs) untuk peningkatan kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol pretes dan postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMPN 40 Bandung dengan sampel dua kelas yang dipiih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah instrumen tes kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembeleajaran Model-Eliciting Activities (MEAs) lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa, 2) Disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Model-Eliciting Activities (MEAs) lebih baik daripada siswa yan g memperoleh pembelajaran biasa, 3) Nilai ekeftifitas pembelajaran Model-Eliciting Activities (MEAs) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa memiliki nilai sebesar 1,39 yang termasuk dalam kategori besar. Kata Kunci: Disposisi Matematis, Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Model-Eliciting Activities (MEAs)