PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA SWASTA SEKECAMATAN BOJONGLOA KALER (Survey pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X Tahun Ajaran 2018/2019)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (i) bagaimana penerapan kompetensi pedagogik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta Sekecamatan Bojongloa Kaler, (ii) bagaimanakah penerapan kompetensi kepribadian pada mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta Sekecamatan Bojongloa Kaler, (iii) bagaimanakah penerapan kompetensi profesional pada mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta Sekecamatan Bojongloa Kaler, (iv) bagaimanakah penerapan kompetensi sosial pada mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta Sekecamatan Bojongloa Kaler, dan (v) seberapa besar pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Swasta Sekecamatan Bojongloa Kaler. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan subjek berjumlah 82 peserta didik. Analisis yang digunakan adalah analisis verifikatif data melalui perhitungan rata-rata skor dengan bantuan program IBM SPSS Statistics Version 25.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan: (i) kompetensi pedagogik guru di SMA Swasta Sekecamatan Bojongloa sebesar 4,11 dengan kategori “ sangat baik”, (ii) kompetensi kepribadian guru di SMA Swasta Sekecamatan Bojongloa Kaler sebesar 3,51 dengan kategori “baik”, (iii) kompetensi profesional guru di SMA Swasta Sekecamatan Bojongloa Kaler sebesar 2,75 dengan kategori “cukup baik”, (iv) kompetensi sosial guru di SMA Swasta Sekecamatan Bojongloa Kaler sebesar 2,82 dengan kategori “baik”, dan (v) adanya pengaruh antara kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,18 atau 1,8% dan sisanya 82% dipengaruhi oleh faktor lain. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait yakni: (i) bagi sekolah, diharapkan menyelenggarakan pendidikan yang bermutu guna meningkatkan kualitas pendidikan, (ii) bagi guru, diharapkan mampu meningkatkan kompetensi guru, (iii) bagi peserta didik, diharapkan bisa memotivasi diri agar tidak bergantung pada guru, dan (iv) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan sebagai bahan penelitian yang serupa tetapi dengan faktor lain, ide maupun sudut pandang yang berbeda sehingga dapat memberikan sumbangan pemikiran yang lebih baik terkait dengan kompetensi guru dan hasil belajar. Kata Kunci: Kompetensi guru, hasil belajar, mata pelajaran ekonomi.