ANALISIS BUSINESS MODEL CANVAS PADA KOPI LUWAK CIKOLE TAHUN 2019
Main Author: | Larasati, 152040001 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpas.ac.id/44588/1/BAB%20I.pdf http://repository.unpas.ac.id/44588/1/Lembar%20Pengesahaan%20ttd.pdf http://repository.unpas.ac.id/44588/2/Cover.pdf http://repository.unpas.ac.id/44588/2/Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.unpas.ac.id/44588/2/BAB%20II.pdf http://repository.unpas.ac.id/44588/2/Abstrak%203%20bahasa.pdf http://repository.unpas.ac.id/44588/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Kopi Luwak Cikole merupakan pusat penangkaran dan edukasi kopi luwak yang memenuhi prinsip kesejahteraan hewan (Animal Welfare) terletak di Jl.Nyalindung No.9 Kampung Babakan, Desa Cikole, Lembang, Bandung. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat permasalahan tentang model bisnis yang tepat untuk tetap bersaing dengan kompetitor dan mengembangkan bisnisnya dengan menggunakan analisis strengths, weakness, opportunities dan threats (SWOT) untuk menciptakan business model canvas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan trianggulasi sumber baik melalui observasi non partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian, bahwa gambaran model bisnis Kopi Luwak Cikole dengan menggunakan pendekatan Business Model Canvas secara garis besar dapat dikatakan sudah cukup baik serta berdasarkan hasil evaluasi menggunakan analisis SWOT menghasilkan desain Business Model Canvas dengan adanya modifikasi penambahan pada beberapa elemen blok bangunan. Saran-saran yang dapat peneliti kemukakan antara lain Kopi Luwak Cikole menciptakan tim khusus dalam bidang kreatifitas untuk menangani bagian desain kemasan sebagai inovasi pada elemen value proposition, menunjuk beberapa pegawai sebagai tim marketing online yang menangani bagian media komunikasi sebagai penambahan pada elemen channel, key activities dan customer relationship serta menyusun rencana jangka pendek mengenai inovasi varian produk lulur pada elemen key activities sehingga diharapkan dapat tetap bersaing dan semakin dikenal luas oleh konsumen sebagai heritage nya Indonesia. Kata Kunci : Analisis SWOT, Business Model Canvas