Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitianini di latarbelakangiolehpelayananpembuatankartukeluarga yang belummaksimal di DinasKependudukandanCatatanSipilKabupatenSumedang. Masihterkendalanyapelayanankartukeluarga yang belum optimal sepertifasilitasatausaranadanprasarana yang belummemadahi, SDM ( sumberdayamanusia) yang yangmasihsangatkurang. Belumsemuapegawaimelayanidenganramah,senyum,sapa. Anggaran yang diberikankepadaDinasKependudukandanCatatanSipilKabupatenSumedangmasihsangatterbatas. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkankualitaspelayananpembuatankartukeluarga di DinasKependudukandanCatatanSipilKabupatenSumedang. Teori yang digunakandalampenelitianiniadalahteorikualitaspelayananmenurutZeithhamlyaituberwujud,kehandalan,ketanggapan,jaminan,danempati. Adapunmetode yang digunakanadalahmerodekualitatifdenganpendekatandeskritifyaituuntukmengetahuiataumenggambarkankenyataandarikejadian yang ditelitisehinggamemudahkanpenulisuntukmendapatkan data yang objektif. Teknikanalisis data penelitianmenggunakananalisis data John W. Creswell. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapelayanankartukeluarga di DinasKependudukandanCatatanSipilKabupatenSumedangbelumberjalan optimal. Hal initerlihatdarimasihterbatasnyasumberdayamanusiadanfasilitasatausaranadanprasarana yang kurangmemadahi.masihkurangnyaketanggapanpegawaidalammemenuhikeinginanmasyarakat,kemudianjugabelumsemuapegawaimemilikikehandalandalammelayanimasyarakatdenganbaik,ramah, danprofesional. Kata Kunci :KualitasPelayanan