PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN THINK, TALK, WRITE (TTW) DENGAN MIND MAPPING
Daftar Isi:
- Kemampuan berpikir kreatif sangat penting dalam menjalankan kehidupan dan segala permasalahan yang ada di dalamnya dengan cara memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi. Untuk mencapai kemampuan berpikir kreatif matematis, diperlukanlah karakter yang kuat salah satunya adalah self-confidence. Namum pada kenyataannya kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence adalah dengan strategi pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) dengan Mind Mapping. Strategi pembelajaran ini dikembangkan dari keterlibatan siswa dari proses berpikir setelah membaca, selanjutnya kegiatan diskusi dan berbagi ide dengan teman sebayanya kemudian diungkapkan dalam tulisan atau rangkuman sesuai dengan kreativitasnya. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh strategi TTW dengan Mind Mapping lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) Untuk mengetahui pencapaian self-confidence siswa yang memperoleh strategi TTW dengan Mind Mapping lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 3) Untuk mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-Confidence siswa yang memperoleh strategi TTW dengan Mind Mapping. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian eksperimen kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 15 Kota Bandung. Teknik pengambilan sampel adalah purposive samplimg, dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas ekperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan instrumen non tes berupa angket self-confidence. Analisis data menggunakan bantuan software SPSS Statistics 23 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh strategi TTW dengan Mind Mapping lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) Self-confidence siswa yang memperoleh strategi TTW dengan Mind Mapping lebih baik daripada dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh strategi TTW dengan Mind Mapping. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Self-Confidence, TTW, Mind Mapping